Jumat, 08 November 2013

Di Atas Panggung Festival

        Hari minggu lalu, gua dan band gua Vertikal dapet kesempatan buat manggung di sekolah As-Syafi'iah Johor. Sebenernya itu acara gigs, jadi kita yang bayar buat manggung. Yaah,, hitung-hitung buat cari nama dan nambah pengalaman itu gak jadi masalah buat kita.


***

Dua minggu sebelum festival...
        Raka, drummer kita dapet boardcast tentang acara festival band di As-syafiah, sebenernya gua ragu buat nyanggupinnya karena sekolah itu jauh banget dari tempat kita. Tapi semangat buat manggung mengalahkan semua alasan-alasan yang ada di dalam otak gua, akhirnya kita daftarin band kita.

Seminggu sebelum festival...
        Hari minggu, seperti biasa kita latihan di studio, waktu itu gua dapet ide dari temen gua buat bawain lagu Naff yang Akhirnya Kumenemukanmu tapi versi D'masive, gua coba download lagunya terus gua kasih sama band gua. Waktu sore-sore kita dapet masalah, kita udah booking studio jam 2, tapi Raka gak bisa dan mundurin ke jam 3. Kita setuju aja dan nungguin dia di rumah Afif. Kira-kira udah jam setengah 3 kita gerak ke studio. Disana kami ngeliat bang Aul,  dia ini yang punya studio dan drummer band Beautiful Monday. Dia nyamperin gua sama afif dan berkata dengan nada yang berat, "sorry fif, abang harus pake studio buat latihan manggung nanti malam, acaranya besar 'Colaboraction' ngiringin Ipang" Wiiih keren banget tuh kan. Sebenernya kita agak sedikit kecewa, tapi apa boleh buat, kondisi kaya gitu gak bisa di lawan, akhirnya kita ngalah dan main jam 5.

        Sekitar jam 3 Raka sama Rassya dateng, kita coba jelasin sama dia kalo kita gak bisa main jam 3. Dia pun setuju dan kita nungguin sampe jam 5. Beautiful Monday latihan dengan rapih banget, kita asik dengerin dan berharap bisa maen serapih mereka. Kalo gua sih yakin suatu saat bakal besar dengan band gua ini, meskipun gak tau kapan, Hhaha. Udah jam 5 kita latihan sebentar karna hari mulai gelap, kita latihan dengan acak acakan.

        Hari Selasa, kita coba buat latihan lagi ngerapihin main kita yang masih (rada) berantakan. Waktu seminggu bukan waktu yang lama buat latihan, apalagi kita gak latihan setiap hari dan lagunya baru-baru aja kita denger. Meskipun versi aslinya udah lama tapi versi aransemennya cukup menantang buat di mainin.

        Hari Sabtu, satu hari sebelum manggung, kita latihan lagi, hari ini kita dipandu mas Eko, dia ngasih pengarahan biar main kita rapi dan keren. Gua dikasih tau intro yang keren banget, lagu ini awalnya pake tapping biar keliatan kaya pake piano/synth. Kita latihan dengan serius banget, suara gua sampe hampir abis gara-gara kecapean, gua juga takut besok gak keluar suara. Tapi gua berdo'a agar diberi kelancaran.

        Hari Festival,,,
Sebelum kita berangkat ke As-syafiah buat manggung, kita latihan dulu jam 10, buat ngebersihin dan latihan di atas panggung. Suara gua mulai habis dan serak banget, berulang kali gua batuk-batuk di studio, temen-temen gua udah cemas banget takut suara gua habis di atas pentas (gua lebih takut). Gua latihan dengan enjoy tanpa suara, temen-temen gua mulai takut.

        Setelah latihan dengan teroyong-oyong, kita keluar studio dan langsung cabut ke As-syafiah. Hari itu gua bener-bener repot, bawa gitar di belakang dengan tas ransel dan menyelempang tas di depan gua. Ternyata bawa motor itu repot, gua bener-bener butuh mobil saat ini. Tapi kegigihan kita mengalahkan semua kerepotan itu, kita tetep melaju, motor-motor ini terus menerjang jalan. Kesatria bergitar siap menggetarkan panggung festival!

        Sebenarnya waktu tekhnikal meeting kita dapet cabut nomor 1, ahaha gak diharapkan banget buat nampil pertama, sebenernya bukan grogi yang kita khawatirkan tapi takut penontonnya belum pada dateng =)) tapi  apa boleh buat keputusan rapat harus di terima dengan lapang dada.

        Sesampainya di sana, kita masuk dan mendaftar ulang. Untung kita gak jadi maen pertama.... tapi ke dua (sama aja sebenernya) setelah band pertama main, kita siap-siap buat naik ke atas panggung, gua check sound dengan Xcort custom gua ahhhaa! nih pic nya

        Gua dengan setelan yang super rapih mirip Ariel Noah di iklan sabun muka. (cowok ganteng itu ngelindungin diri pake jaket kulit).


        Setelan rapih, main harus rapih! gua bersemangat banget di atas panggung, kerasanya ada jutaan penonton yang memenuhi stadion. Meski aslinya cuma beberapa yang ada di depan karena cuaca yang panas penonton pada duduk di pinggir, yaa gak papa deh yang penting mereka bisa dengerin gua nyanyi.

Okeee Vertikal siap menggetarkan As-Syafiah! Nih pic nya


        Banyak banget band-band yang dateng ke acara itu, kebanyakan beraliran Hardcore yang bikin pusing yang nonton, karna kesel dan udah mulai mendung kita pulang. Dijalan kita kehujanan, kita berteduh di sisi jalan, memang seru banget hari itu. Gua masih nunggu Festival Berikutnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar