Sabtu, 16 November 2013

Hari Ini dan Tujuh Bulan Kedepan

        Nyari duit itu susah, haru kerja, kalo mau dapet kerja harus pinter, kalo mau pinter harus belajar, kalo mau belajar ya di sekolah. Jadi kesimpulannya nyari duit itu di sekolah, haha. Jadi kalo mau hidup senang itu harus usaha, gak bisa cuma santai-santai aja dirumah nungguin pagi sampe nyokap ngasih duit jajan, emang cukup buat neraktir pacar? ya kagak kan. Makannya dari sekarang kita harus belajar buat usaha, meskipun kecil-kecilan tapi cukup lah buat senang-senang.


        Waktu kelas satu dulu, temen-temen gua di bantu guru matematika bikin usaha jual keripik. Mereka ambil keripik di rumah temen gua yang punya usaha keripik terus di packing ulang dan di jual ke anak-anak sekolah. Cukup simple tapi hasilnya lumayan juga. Terus udah naik kelas dua mereka berhenti jualan, gua juga gak tau kenapa.

        Seminggu yang lalu, mereka mulai buat usaha keripik ini lagi, gua di ajakin, awalnya gua males banget tuh iktuan yang gitu-gitu secara gua gak ada jiwa bisnis sedikitpun. Tapi setelah mendengar cerita dari mereka dan untung yang di dapet lumayan banyak, akhirnya gua setuju buat ikut. Lagian disitu ada cewek gua, sekalian lah ngabisin waktu sama dia. Mereka ngejanjiin keuntungan satu juta per orang, lumayan kan!

        Oke, pulang sekolah abis solat jum'at kita mulai kerja. Temen gua udah ngambil keripik kiloan, yang lain ada yang beli pelastik dan ngambil alat packing. Tapi naas semua barang telah tersedia, listrik padam. Oh shit. Ya gak masalah, kita masuk-masukin dulu keripiknya ke dalem plastik sambil nunggu listriknya menyala kembali.

        Sekitar jam 3 kita istirahat buat makan siang, kita makan bakso di pinggir jalan yang rasanya tiada tara gak enaknya. Yaah namanya juga pinggir jalan, wajar lah mau murah. Abis makan kita lanjut packing. Tadi lupa moto-moto.

        Waktu kita balik belum hidup juga lampunya, kita bicarain rincian kegiatan dan dana, gini nih:
Jadi, satu orang kasih modal 50rb, terus packing setiap hari jum'at dan ngejualin setiap hari, setiap keuntungan di masukan ke dalam kas. Kas baru cair setelah 7 bulan. Menurut hitung-hitungan yang benar setelah 7 bulan kita untung 7 juta, karena kita ada 7 orang maka di bagi 7, hasilnya satu orang dapet 1 juta. Coba lo bayangin, kerja 7 bulan baru dapet sejuta.

        Yaah, namanya juga usaha kecil-kecilan, untungnya juga kecil lah, kalo mau untung besar ya kerja besar-besaran, modalnya juga besar, capeknya juga dobel-dobel kan. So guys, nyari uang itu susah.

        Lanjut, setelah hidup lampu kita baru bisa packing dengan benar, label HES (Harapan Entrepeneur School) di cetak lalu di masukan ke dalam keripik seharga 2ribu sebungkus, takaran tidak tepat tapi rasa di jamin nikmat, masalah steril? dateng aja ke rumah adit liat rumahnya bersih banget.

        Yaah, semoga aja usaha kita lancar, jadi uang yang tadi rencananya buat kita jalan-jalan ke Sabang, gua juga gak tau itu bakalan jadi ato enggak, yang jelas kita belajar berusaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar