Kamis, 18 Juli 2013

Seribu Maaf

          Suka pelajaran sejarah gak? ya gua juga gak suka sih, memang dasarnya pelajaran yang gua anggap paling ngebosenin dan terbukti ampuh menghipnotis para siswa untuk tidur di kelas. Buku yang tebal penuh dengan nama-nama misterius, tahun-tahun yang berbelit dan ratusan istilah kata yang sulit di ingat menjadi penyebabnya. Kalo ada yang namanya 'Mesin Waktu' bakal membantu banget pastinya. Guru sejarah yang killer juga jadi mimpi buruk bagi gua, misalnya di sekolah gua nih kalo ada anak yang tidur pas pelajaran sejarah pasti dibangunin (apanya yang aneh?) udah dibangunin ya di tanyain kalo gak tau? ya berdiri! Haha, maka dari itu sebisa mungkin gua menghindari tidur pada saat pelajaran sejarah, mau ngerti mau enggak yang penting gak tidur!
         
          Suatu hal yang menarik dari guru sejarah gua adalah guru tersebut agak cadel atau bahasa lainnya susah ngomong huruf 'R' jadi kalo ngomong tuh suka kebelit-belit gak jelas dan susah banget buat ngertinya. Udah gua yang males baca ini dan kalo diterangin gak ngerti-ngerti, ya hasilnya kalo ujian sejarah gua jarang lulus, haha. Pernah suatu hari ujian dan karena gua gak belajar dan emang gak niat untuk belajar, ya gua keluarin aja jurus-jurus rahasia pas ujian. Buku dan segala macam peralatan perang sudah gua persiapkan dari rumah buat di taro di laci meja dan tersusun dengan rapih tertutup dengan jaket kulit yang cukup tebal.

          Oke, ujian pun dimulai dan gua dengan segala kemantapan mata ular dan tangan laba-laba telah siap untuk menjalankan segala ritual di atas meja. Sepuluh menit pertama berjalan dengan mulus tanpa hambatan dimana sang guru belum curiga sedikitpun dengan gerak-gerik gua yang sedaritadi gelisah kayak orang lagi senggugut. Lepas sepuluh menit kedua dia mulai merhatiin tangan gua yang asik banget ngubek-ngubek laci nyembunyiin buku cetak tebal karna bahan contekan di handphone gua emang udah habis. Dan..

         Viola! tanpa sepengetahuan gua, sang guru mulai melangkah mendekati meja gua dengan langkah mantap ala tentara veteran dan berkata dengan mesra nya, 'Bang, abang ikut remedial yah bang' tanpa basa-basi kertas ujian malang tersebut di tari dari meja gua, dan gua dengan muka sepolos-polosnya harus pasrah dan menyerahkan kertas ritual tersebut dengan ikhlasnya. Yah, untungnya dia cuma ngambil kertas contekan, bukan ngambil bahan-bahan di laci gua, kan berabe kalo handphone, buku, tepung, telur, air, gula dan garam harus diserahkan juga sama tuh guru (bukan kelas masak).

          Yap, memang sudah terjadi seminggu setelah kejadian itu gua ikut remedial bersama teman-teman gua yang minggu kemaren ujian dengan lancar tapi nilainya berantakan, beda sama gua yang ngerjain ujian dengan lancar tapi mukanya berantakan karna kepergok dengan indahnya. Ya gua jalanin aja lah remedial ini toh soalnya sama dan gua udah inget semua jawabannya! ahaha remedial sukses dengan nilai super pas-pasan.

          Di akhir pengumpulan, ya gua sebagai tersangka penyelundupan kertas contekan merasa bersalah dan merasa harus minta maaf sama tuh guru.

          Soal maaf-maafan ini sebenernya sering banget dilakukan sama guru gua yang satu ini. Sebagai guru sejarah kelas sepuluh yang membahas tentang manusia purba, pasti banyak ceritanya. Salah satu cerita yang gua inget ini tentang manusia prasejarah yang kalo jaman dulu tuh ga ada yang pake baju, dan sang guru yang sepertinya selalu merasa bersalah dalam setiap perkataannya selalu menyisipkan kata maaf dalam setiap penjelasannya. Misalnya, 'Manusia prasejaran itu umumnya gak pakek baju nak atau maaf, telanjang'. Kata maaf juga di terapkan sebelum kata-kata yang lain yang terasa kurang pantas untuk diucapkan.

           Kata maaf yang kerap kali terucap waktu ibu sejarah ini cerita malah jadi bahan pembicaraan kami pada jam istirahat. Bahkan pernah suatu hari saat pelajaran sejarah akan dimulai, gua dan temen sebangku udah nyiapin kertas buat ngitung berapa kali dia bilang maaf dalam sehari. Dan hasilnya, wow! dalam 45 menit dia menerangkan ada hampir 30 kali dia ngomong kata maaf. Kalo setahun ditambah maaf-maafan waktu lebaran udah ribuan kali dia bilang maaf, belum lagi kalo dia punya salah atau kalo lagi dirumah orang mau ke kamar kecil pasti bilang maaf. Luar biasa pasti semua orang maafin dia bagaimanapun ceritanya.

          Oke reader enough for today, kalo ada kata yang salah atau gak sopan saya mohon maaf karena yang bisa ngomong maaf bukan cuma guru sejarah saja. See you on next post!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar