Selasa, 23 Juli 2013

Catatan Cinta Part Dua : MindSet

Part 1
         Satu hal yang gua belum ngerti soal cinta ialah, kenapa kalo kita suka sama seseorang kita harus merasa kalo kita cinta sama dia? kenapa gak ngerasa biasa aja? Ya, karna kita terus-terusan mikirin dia. Coba kalo suka terus gausah dipikirin, kaya artis misalnya kalo kita suka sama artis terus mindset kita berubah jadi, 'dia kan artis mana mungkin jadi sama gua, kenal aja sukur'. Coba sekali-kali anggap orang yang kita suka itu artis.


        Sebuah cerita tentang kelanjutan hubungan gua sama Fifi setelah insiden kemaren menyebabkan gua jadi benci sama dia. Sebenernya ini salah satu sifat buruk gua, saat gua sakit hati pasti gua bakal benci sama orang itu. Ya, si Fifi udah punya pacar baru, suatu hal yang gak gua percaya setelah dua hari putusnya hubungan gua sama dia.

         Sakit Hati.

      Suatu hari yang gua rasa paling sakral dalam hidup gua adalah hari-hari sakit hati : bangun tidur-ngelamun-mandi-ngelamun di kamar mandi dan seterusnya. Harus gua akui, disakiti orang yang udah lama kita suka itu lebih sakit daripada disakiti orang yang baru aja kita suka. Lagi-lagi mindset gua mengarahkan tentang hal-hal apa aja yang bisa bikin gua lupa sama Fifi (baca:move on).

       Mulai dari ngehapusin semua fotonya, semua pesan, hapus kontak, unfoll twitter dan semua hal-hal yang gak pernah terfikirkan oleh gua sebelumnya. Pertamanya kayak gampang, tapi udah lama kerasa juga apa yang dirasain orang-orang saat galau yang dulu gua pernah bilang sama mereka kalau move on itu bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan, sekarang malah mereka yang nasihatin gua.

        Menjadi jomblo sebenarnya bukan sebuah masalah bagi gua, tapi lagi-lagi mindset orang-orang yang berfikiran tentang kalo jomblo itu pasti gak laku, jomblo itu karna lu orangnya jelek, jomblo itu gak asik, jomblo itu gua. Semua cercaan yang gua terima menyebabkan beberapa tekanan batin yang bikin gua makin hari makin kaya orang gila. Mulai dari jedotin kepala di bantal (ke tembok takut sakit), ngelemparin penghapus spongebob ke dinding (ngelempar hp sayang) dan hal-hal gila lain untuk ngilangin rasa suntuk dimana hari-hari berikutnya bakal gua jalanin dengan sebuah sms dari 568 operator kesayangan yang berisikan, 'maaf pulsa anda tidak cukup untuk melanjutkan paket harian 2000 rupiah'.

       Menjadi jomblo ternyata bikin gua jadi seorang yang hemat. Gak harus ngisi pulsa, gak harus mikir keras untuk jawab bbm dengan manis (kecuali sama gebetan), gak harus on time setiap saat depan qwerty pad dan gak harus bikin dosa saat gua nyari-nyari alesan biar gak ketemu do'i adalah beberapa keuntungan saat gua jadi jomblo.

        Bicara soal cemburu saat lo gak punya pacar ialah lo cemburu sama pacar orang. Emang sesuatu yang bisa dibilang gak pantas untuk dilakukan oleh seorang jomblo kaya gua, tapi untuk jalan-jalan di mall dan gak ngeliat orang pacaran itu susah! Masa gua harus tutup mata setiap ada orang pacaran yang lewat? Kagak, yang gua perlukan cuma mengubah cara berfikir (mindset) gua menjadi 'jomblo itu gak punya beban' tapi lagi-lagi mindset itu terpatahkan oleh teori 'jomblo itu terbebani dengan kejombloannya' dan 'jomblo itu terbebani dengan cara-cara menarik perhatian gebetan'. Kesimpulannya ialah 'jomblo itu beban'.

        Beban hidup yang mungkin lebih berat daripada ujian-ujian di sekolah yang bisa dengan mudah gua lewatin selama ini. Kalo saat ujian gua nannya 'Bro, jawaban nomor 5 apa?' terus temen gua dari sebrang lautan sana menjawab dengan mudah 'B', dan gak harus perduli tentang bener ato enggaknya jawaban tersebut. Tapi dalam hal percintaan, saat gua tanya 'Bro, jawaban dari kejombloan gua apa?' lalu mereka menjawab 'Cari pacar lah bego' dan gua bener-bener peduli dengan jawaban tersebut.

        'Jodoh gak kemana'
        'Bukan dia jodo lo'
        'Masih banyak cewek lain'

        Beberapa dari beberapa pesan dari temen-temen yang gua curhatin tiap malem, menyadarkan gua kalo pesan-pesan itu punya arti yang sama : Gua gak bisa pacaran. Mungkin sifat gua yang cuek, lama bales pesan, kurang cool dan lebih banyak diem ini membuat cewek-cewek berkesimpulan kalo gua bukan cowok yang menarik. Tapi mereka salah, gua seperti punya kepribadian yang lain saat gua jadi orang yang gila di depan temen-temen gua dan jadi orang yang super cupu di depan cewek. Itu alesannya saat masih PDKT mereka bilang gua orangnya asik., dan saat udah pacaran dan putus mereka bilang gua orangnya ngebosenin. 

        Kesimpulannya, mindset orang-orang saat pacaran itu jauh beda saat masih PDKT. Sifat gak peduli saat belum jadi pacar jadi benar-benar over saat sudah pacaran. Orang yang di anggap teman yang paling menyenangkan di dunia jadi orang yang benar-benar di benci saat udah putus karna insiden-insiden tertentu. Gua yang berfikir bakal jomblo sampe masa SMA gua habis berubah fikiran menjadi 'Gua bakal punya masa depan yang lebih baik dengan melupakan masa lalu dan terus berfikir kedepan bakal jadi apa gua nanti'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar