Kamis, 08 Agustus 2013

Malam Takbiran

Hari ini adalah malam takbiran, malam dimana besok adalah hari kemenangan, hari Raya Idul Fitri 1434 H. Saat-saat dimana kita saling bermaaf-maafan. Antar keluarga, temen, pacar dan juga mantan. Gak peduli masalah apa yang pernah kita laluin, yang penting kita harus suci di hari yang fitri dengan membersihkan diri dari dosa, salah satunya dengan cara maaf-maafan. Bisa langsung, dari sms, telfon, bbm macem-macem cara kita buat minta maaf dan menjaga silaturahim.

Hari ini gua ada di rumah nenek, ya berhubung mau lebaran gua dan keluarga pergi dari kota Bandung menuju Cianjur dengan bus kemarin malam. Perjalanan yang cukup singkat selama dua jam karena memang arus lalulintas malam hari lumayan lancar.

***

Tadi sore, hari Rabu sekitar jam 3, gue dan mama-papa-adekkecilgue rencanannya mau pergi ke puncak gunung tinggi tinggi sekali. Berhubung dari rumah nenek ke puncak lumayan deket, jadi kita naik angkot. Dan beruntungnya kami ber-empat ga ada yang tau kemana arah dan tujuan angkot ini, jadi asal naik asal nyampe aja, haha.

Berkat ilmu asal naik asal nyampe tersebut, akhirnya kita sampai di puncak Cipanas, bukan puncak Bogor. Gua juga sebenernya bingung apa yang mau dicari disini. Mau makan masih puasa, mau beli baju udah, yaah sekedar menikmati pemandangan tapi hujan. Akhirnya destinasi terakhir adalah tidur dalem mesjid. Sungguh perjalanan yang menyenangkan bukan? bukaaaaaaan!

Setelah menunggu hujan yang tak kunjung reda, akhirnya kita memberanikan diri untuk menerobos rintik air yang terus membasahi daerah puncak. Bahkan adek gue yang berumur 3 tahun malah ketawa-ketawa di bawa hujan-hujanan, padahal nyokap stress setengah mati. Dan bisa ditebak, kita berhenti di Factory Outlet, nyokap beliin jaket buat adek gua (dasar ibu-ibu), tapi ya kali ini wajar lah, adek gue yang kecil lupa bawa jaket. Enak bener jadi anak kecil, lupa bawa jaket beli yang baru, kalo gue nih lupa bawa jaket, disuruh pulang ngambil lagi mungkin. Mungkin.

Sesudah beli jaket, kita lanjut lagi naik angkot buat pulang kerumah karena hari semakin sore. Kali ini udah tau angkot mana yang harus dinaikin. Kita pun langsung meluncur turun turun ke lereng gunung curam curam sekali. Agak serem emang naik angkot turun gunung dengan kecepatan yang Waw!

Di tengah jalan, dan gak disangka-sangka, bokap gua nyuruh supir angkotnya berhenti sebentar (serasa mobil pribadi). Dan tebak apa yang dilakukannya? Sekedar beli jambu. Gue heran, kenapa tuh sopir mau disuruh berhenti, mungkin kalo di Medan gak bakal mau. Ya, setelah beli jambu kita lanjut perjalanan, berhenti di Ramayana buat nyambung angkot lain.

Berhubung hujan yang semakin deras dan jam menunjuk pukul lima (gua pake jam baru, jam digital), kita berteduh dulu disebuah warung bakso. Gua lagi mainin balon-balonan yang isinya tepung yang gua beli di puncak, emang sih kaya bocah tapi.. emang gue agak kaya bocah. Mainan ini gua beli dua, satu warna oren punya gua dan warna ungun punya adek gua yang sekarang udah pencah karna adek gua main dengan sangat brutal. Dengan ikhlas gua kasih mainan balon tadi buat adek gua. Dan dia buat pecah juga. Sungguh kasian balon tersebut, belum sampai rumah sudah jadi korban keganasan adek gua.

Yups, hujan udah mulai mereda meski belum berhenti, kita lanjut perjalanan angkot binal dari ramayana sampai Ciranjang. Naik angkot warna ijo. Si hijau melaju kencang menerobos hujan badai Cusss.

Sekian lama dalem angkot, akhirnya kita buka puasa dalem angkot, makanan yang dibeli buat buka bersama dirumah akhirnya habis di jalan. yang bersisa tinggal jambu yang dibeli bokap tadi. Mau dimakan tapi gua juga masih punya perasaan. Belom di cuci. Dan kita pun sampai di tempat tujuan.

Karena kita harus menyebrang untuk sampai dirumah, dan hujan deras serta tidak membawa payung, bokap gua suruh sopir angkot nya buat nganterin sampai rumah (udah kaya sopir pribadi kan?). Dan sialnya si sopir, waktu muterin angkotnya buat nyebrang, angkotnya nyelip di sisi jalan, mesinnya kemasukan air karena banjir. Sungguh malang nasibnya. Cewek yang kayaknya pacarnya duduk disebelahnya malah asik telfonan. Sedangkan dia sibuk berusaha nyalain si angkot. Bokap gua yang ngerasa udah bikin dia muterin angkotnya disini, langsung turun dan minggat ke sisi jalan. Gua ikutan.

Yaa, terpaksa kita hujan-hujanan menelusur jalan sampai ke rumah, Alhamdulillah sampai dengan selamat dan basah. Gua gak tau nasib tuh sopir angkot, bakal takbiran dalem angkot kali ya.