Rabu, 04 September 2013

Sosialisasi yang Hebat

        Sosialisasi dalam kehidupan kita itu penting banget. Selain untuk bergaul sosialisasi juga penting untuk menunjukan siapakah anda sebenarnya. Cara berbicara, berperilaku dan lainnya selalu jadi bahan pembicaraan orang-orang disekeliing kita. Makanya, sosialisasi yang baik itu sangat penting demi menjaga nama baik kita dan pandangan orang terhadap kita.

        Tips dari gue nih soal sosialisasi, khususnya buat cowok, soalnya kalo cewek yang gua bahas pasti bakalan ngaco ahaha. Tapi buat cewek boleh juga di ikutin nih. Ada beberapa hal yang harus di perhatiin dalam pergaulan kita. Berikut rinciannya. Cekidot!


1. Keep Smile!
        Selalu tersenyum dan terlihat ceria serta bahagia, adalah hal nomer satu yang harus diperhatiin dalam bergaul. Meskipun kita dalam keadaan yang tidak sehat atau sedang dalam berduka, tetep tunjukan kepada teman-teman anda bahwa anda adalah orang yang paling ceria di muka bumi ini.

        Hal Positif ini akan berdampak suatu saat nanti. Misalnya temen-temen lo punya acara dan mereka pasti bakalan ngajakin lo, kenapa? Karena mereka bakal berfikir, "Kita ajakin dia yuk, pasti dia mau dan bakal heboh kalo dia ikut". Ini suatu hal yang positif bukan? Karena jika orang yang terlihat tidak ceria tidak akan menyebarkan virus-virus positif terhadap teman anda, dan bisa aja mereka lupa akan kehadiran kita.

2. How to Speak.
        Cara berbicara di depan teman juga hal yang penting. Jangan mentang-mentang bicara sama temen kita nyeloteh seenaknya. Bisa aja temen kita tersinggung ato jadi malu gara-gara ucapan nyeleneh kita kan? Maka fikirkan sebelum mengeluarkan kata-kata dari mulut anda.

3. Be a Good Listener.
        Bukan jadi sekedar pendengar yang baik. Saat teman kita sedang cerita panjang lebar, kadang kita gak ngerti apa yang dibilangnya, terus kita cuma bisa bilang 'Ya','Tidak','Bisa Jadi'. Ujung-ujungnya kayak lagi main kuis eat bulaga yang gak ada habisnya. Kalo terus terusan gini, temen kita bakal nganggep kita gak pernah dengerin apa kata dia. Jadi sebaiknya adalah dengan menyimak dan memberikan sedikit balasan yang positif meskipun terkesan asal-asalan, pasti temen kita menghargainya.

4. Little Joke or Dirty Joke.
        Bukan rahasia umum lagi kalo membuat joke dalam pembicaraan adalah sebuah cara yang luar biasa dalam bergaul. Apalagi saat joke tersebut menyinggung soal sex, pasti mengundang tawa semua orang. Tetapi ingat, sex joke bukanlah segalanya, suatu saat mereka bakal ngerasa bosan saat anda terus-terusan membuat joke soal sex. Disamping itu joke soal sex akan membuat teman-teman anda berfikiran negatif terhadap anda. Mereka akan berfikiran kalo, "Ih, tu anak ngomongnya jorok mulu, pasti sering nonton film gituan", pemikiran orang akan selalu beda-beda.

5. Story About You, Not Him.
        Bercerita tentang diri anda dalam arti membuat segala hal dalam hidup anda terlihat menarik di depan teman-teman anda. Membuat segalanya jadi sebuah hal yang lebay atau dilebih-lebihkan dalam cara anda bercerita akan memberikan nilai lebih pada hidup anda. Mereka akan berfikiran bahwa kita mempunyai hidup yang lebih menarik daripada hidup orang lain. Mereka bakalan iri.

        Bercerita tentang diri anda, bukan hanya kehidupan anda tapi orang-orang di sekeliling anda. Bukan orang yang berada di sekitar lawan bicara ya, tapi orang-orang rumah, tetangga, adik dll. Yang penting pendengar gak pernah kenal siapa orang yang lagi kita bicarain. Misalnya, kemaren lo liat tetangga lo kepeleset di jalan, maka versi lebay dari cerita tersebut ialah,
"Kemaren ada anak-anak deket rumah gue kan baru belajar naik sepedah, terus dia pake sepeda butut yang remnya blong, tiba di depannya ada tukang sayur gagap, si kawan ngelak-ngelak pake sepedahnya, terakhir dia kepeleset terus masuk ke solokan, badannya penuh lumpur, tapi si tukang sayur cuek aja dan ngelanjutin jualannya."

        Cerita sependek itu bakal jadi panjang banget kan? Yang penting ialah kreatifitas anda dalam bercerita.       

6. Follow the trends.
        Sering-sering nonton film ato acara di tv. Saat anda melihat hal yang lucu di sebuah acara dan anda yakin semua orang menontonnya, ceritakan pada temen-temen lo, dan jangan lupa "Hiperbola" Point 5. Gua kasih contoh lagi nih, misalnya temen lo nannya, "Ini Handphone lo za?" terus lo jawab dengan gaya bocah-bocah di kuis eat Bulaga "IYAAA! TIDAAK! BISA JADIII!!" jangan lupa ekspresi.

7. Gesture.
        Nah ini point yang sering banget gua pake, mimik wajah yang konyol dalam setiap kejadian. Lo bakal jadi pusat perhatian orang-orang, saat satu orang yang lain ngeliat dan otomoatis dia bilang, "Eeeeh tuh liat mukanya konyol banget, kaya orang idiot". Lalu mereka tertawa.

        Jangan pernah tersinggung atas apa yang mereka katakan, karena itu ulah anda sendiri kan? Hahaha, Jika anda merasa tersinggung maka kembali pada point 1, Keep Smile!

8. Never Win The Game.
        Saat temen-temen ngajak membuat permainan, dalam hal ini permainan diluar game asah otak, karena kalo anda kalah di game asah otak berarti anda bodo. So, be smart in Brain Game and Be a looser in other game. Jangan sok jago deh, menjadi seorang yang kalah dalam game bukan berarti anda orang yang bodoh kan? it just a game. Bahkan saat anda tau akan menang, berpura-puralah seolah lo gak tau apa-apa. Lalu saat kita kalah, semua tertawa. Dan kalo orang yang sering kalah (bukan selau kalah) pasti sering di ajak main lagi kan? Mereka pikir kita akan kalah lagi! haha. Tapi dalam brain game, jadilah orang jenius!

9. There is no Gender.
        Jangan pernah ngebeda-bedain temen cewek sama cowok. Perlakukan mereka sama rata. Jangan pernah jadi orang lain dalam diri anda. Dan jangan sok-sok jaim  deh. Mereka gak butuh itu. Jadi seseorang yang konyol jika itu memang diri anda, tunjukan hal yang sama di depan cowok ataupun cewek. Kecuali cewek itu orang yang lo taksir.

10. Make Your Style.
        Ciptakan gayamu sendiri. Ciptakan sebuah ciri khas dalam sebuah pergaulan. Kalo orang dari awal melihat kita sebagai orang yang pendiam, jangan rubah image tersebut. Tetaplah jadi seperti itu, jangan membuat orang berfikiran, "Kok, dia jadi gini ya?". Maka tetaplah seperti itu, tetaplah berpakaian seperti itu, tetaplah bergaya bahasa seperti itu meskipun gaya bahasa anda medhok ato nge batak sekalipun.

        Oke, 10 tips udah gua bagi buat kalian. Ini bukan acara hipnotis yang sekali baca harus di praktekin semua, jadi serap dulu, mana yang menurut lo bagus di ikutin, kalo kurang bagus di kasih komen di bawah. Bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar