Jumat, 10 Juli 2015

Gagal Bikin Galau

        Kalian pernah merasa gagal? Mungkin gagal dalam sebuah pertandingan, gagal mendapatkan cinta, atau sama kaya gua, gagal tembus ptn? Apasih kegagalan terbesar dalam hidup kalian? Seberapa besar pengaruh kegagalan tersebut terhadap kehidupan kalian yang sekarang? Waaw, seberpengaruh itu kah? Apakah kalian menjadi lebih baik? Atau sebaliknya? Jawab sendiri, ya.

        9 Juli 2015. Iyap setelah digantung selama sebulan akhirnya hari yang ditunggu-tunggu datang. Pengumuman SBMPTN. Bikin deg-deg-an tiap liat website countdown-nya. Setiap detik yang bergerak, detak jantung gua ikutan bergerak dengan cepat. 3 Jam sebelum pengumuman, gua masih santai sebenernya.

        Jam bergerak terus. Sisa 30 Menit sebelum pengumuman dibuka. Nyokap udah heboh nyuruh-nyuruh gua buka website. Gua makin tegang nunggu hasilnya karena takut gagal depan dia. 30 menit kita habiskan mantengin layar leptop. Ntah knapa rasa penasaran gua gak sehebat yang gua fikirkan. Gua seakan berfirasat jelek dan siap nerimanya gitu aja. Sisa 10 menit, gua mandi.

        Selesai gua mandi, nyokap masih mantengin layar countdown. Selesai gua pake baju waktunya tinggal 5 menit. Kita bertiga sama adek gua deg-deg-an bareng-bareng. 10.,,, 9..,, 8.,,, 3.,,, 2.,,, 1.,,,, SERVER DOWN!

        Gua refresh terus websitenya. Ratusan ribu pelajar Indonesia sedang membuka website yang sama. Gua gak heran kalo servernya down. Gua terus refresh, refresh lagi, sampe gua nyerah. Gua suruh nyokap refresh terus dan gua Solat Ashar. Solat gua jadi gak konsentrasi karena nyokap terus bilang, 'Aduuh, gimana nih nasib anakku'. Lutut gua gemeteran pas rukuk.

        Di sujud terakhir gua mulai merinding karena nyokap berhasil membuka website tersebut. Gua udah instruksikan adek gua untuk masukin nomor ujian kalo website udah kebuka. Dan gua selesai solat. Lalu nyokap menjerit. Perasaan gua agak lega saat nyokap bilang, 'Mas, ga keterima'. Kenapa lega karena nyokap orangnya suka becanda. Jadi gua fikir ini salah satu becandaan dia. Gua masih ga berani liat leptop. Gua jalan perlahan, buka sarung, duduk depan leptop dan melihat sebuah tulisan "MOHON MAAF, PESERTA ATAS NAMA REZZA ANSHORI HIDAYAT DINYATAKAN TIDAK LULUS BLA BLA BLA"

      Gua diem, nyokap diem, dia kecewa, gua sedih, adek gua ketawa, gua tampol. Bbm dan Line gua penuh dengan temen-temen yang masih penasaran dengan hasil ujiannya. Ternyata baru gua yang bisa buka. sekitar setengah jam kemudian datanglah berbagai berita dari temen-temen gua. Ada yang lulus disini, ada yang lulus disana, ada yang gak lulus, ada yang bingung, dan gua adalah orang yang gak lulus. Gila, temen gua yang disekolah ga pernah belajar, lulus, men.

        Gua masih menunggu hasil dari temen-temen gua. Gua punya tiga temen yang sama-sama belajar intensif. Jadi kita berempat adalah orang-orang yang diperkirakan lulus oleh temen, guru, dan tentor. Dan kita ber-empat gak ada yang lulus. Suatu pukulan keras bagi kami.

         Yaa, emang usaha kami gak sekeras mereka. Dapet hasil t.o sepuluh besar membuat kami santai belajar. Mereka yang belajar keras masih dibawah kami waktu t.o, hampir semua-nya lulus. Gua ngerti. Tuhan melihat usaha. Semua usaha membuahkan hasil. Gak peduli segimana kuat potensi yang kita miliki, kalo kita gak usaha, Tuhan gak bakal kasih itu.

        Gagal bikin galau. Iyaa hasil yang sangan mengecewakan ini gak terlalu bikin gua galau. Sebanding dengan usaha gua yang bisa dibilang belum ada apa-apanya. Jadi gak perlu kecewa jika kehilangan sesuatu yang gak pernah kita usahakan untuk mendapatkannya. Misalnya kaya pacar. Kalo kita gak pernah berusaha buat mempertahankan hubugan kita, saat dia pergi, ya gak usah ditangisi karena kita gak pernah berusah buat dia nyaman. Atau kalian punya gebetan, tapi gak pernah ada usaha buat deket, buat ngajak ngobrol, terus cuma deket bentar langsung di tembak, dan dia nolak. Ya itu wajar dan sebanding dengan usaha yang kita kerjakan.

        Soal kemana gua kuliah nanti, itu urusan takdir. Mungkin takdir menggariskan bukan sekarang gua lulus di PTN. Kaya nyokap gua, dia gak lulus PTN dulu, terus disuruh mbah gua buat masuk sekolah sekertaris. Disitu ada bokap gua yang tahun pertama gak lulus PTN. Tahun kedua dia masuk PTN dan ngajar di sekolah sekertaris. Sebuah kebetulan? Iya, Tuhan mempersatukan dua manusia dengan cara-Nya. Jangan pernah menyesal atas apa yang terjadi, mungkin ada rezeki lain yang tersimpan dalam sebuah kejadian, ada jodoh yang menunggu di jalan lain itu, jalan yang gak pernah kita duga, cara Tuhan gak akan pernah bisa ditebak. Jadi gua ikhlas menerima-nya. Siapa tau kalo tahun depan gua masuk PTN gua dapet jodoh. Hehe.

        Buat kalian yang baca ini, ntah kalian diterima atau gak lulus PTN, sama kaya gua. Jangan berkecil hati jangan sedih. Gak ada orang hebat yang gak pernah gagal. Kalau Thomas Alfa Edison berhasil menciptakan lampu pada percobaan yang ke 1000, kenapa kita harus menyerah di percobaan yang pertama?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar